Kamis, 06 November 2008

MASJID KUBAH EMAS Bagian 3



Jalan Menuju lokasi
Masjid Kubah Emas (3 habis)
MASJID Kubah Emas berdiri di Kota Depok, Jawa Barat dengan masjid sekitar 8 hektar dan menempati area tanah seluas 60 hektar. Konon, karena kemegahannya, masjid ini sering disebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Untuk menuju lokasi Masjid Kubah Emas bisa ditempuh dari beberapa arah. Bila berangkat dari arah Terminal Depok, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalan menuju arah Kecamatan Sawangan. Setelah sampai di pertigaan Parung Bingung, pengunjung disarankan berbelok ke kanan ke arah Kecamatan Cinere, lalu menuju lokasi masjid. Jarak antara pertigaan Parung Bingung ke lokasi masjid sekitar 3- 4 Km.
Bagi pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, dari Terminal Kota Depok, dapat berangkat dengan menggunakan jasa angkutan kota (angkot) nomor 03 menuju pertigaan Parung Bingung. Dari pertigaan itu pengunjung disarankan menggunakan ojek menuju Masjid Kubah Emas. Kota Depok berjarak sekitar 7 Km dari Masjid Kubah Emas. Sedangkan untuk pengunjung yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus atau Terminal Pondok Labu di Jakarta Selatan, dapat menggunakan jasa angkot bernomor 102 menuju pertigaan Parung Bingung, kemudian belok kanan menuju lokasi masjid.
Para wisatawan yang berkunjung ke masjid ini dikenai biaya parker kendaraan. Untuk rombongan bus dikenai tarif parkir sebesar Rp 10.000, untuk mobil keluarga dikenai tarif Rp 3000, sedangkan pengendara roda dua hanya sebesar Rp 2000. Tarif tersebut berlaku pada bulan Mei 2008. Masjid Kubah Emas dibuka setiap hari untuk umum. Pada hari Kamis masjid ini ditutup untuk persiapan kebersihan shalat Jumat.
Di masjid ini terdapat fasilita-fasilitas penunjang yang bisa membuat pengunjung, di antaranya ada mini market, restoran, kios makanan, toko butik, rumah penginapan, gedung serbaguna, auditorium, gedung, Islamic Center, dapur umum, dan toko souvenir. Di lingkungan masjid ini mempunyai tempat parkir seluas 7000 m persegi yang dapat menampung 300 kendaraan roda empat atau 1.400 kendaraan bermotor (LS)

Keterangan gambar:
AKU berada di Pintu Timur yang mengingatkan aku pada film ‘Romi dan Juli’ yang diperankan Sopan Sophiaan dan Widyawati

Tidak ada komentar: