Rabu, 10 Juni 2009

Ruri Taip Ciptakan Lagu Ikon Kota Tegal


Ruri Ciptakan Lagu Ikon Gerbang Emas Kota Tegal

TIDAK
banyak orang tahu siapa Ruriyanto sebenarnya. Padahal dia cukup dikenal di blantika musik Pop Sweet. Semasa tahun 80-an, lelaki asal Kampung Kalibuntu, Kelurahan Panggung ini, seangkatan dengan pemusik Bram Moersas, Edy Surya, dan Tius. Pentolan vocal group era 80-an mereka adalah para pemusik yang cukup berpengaruh di wilayah Tegal. Rory, demikian panggilan akrab Ruriyanto, bersama Bram Moersas dan Edy Surya banyak mencipta lagu-lagu iklan atau jinggel di banyak radio.
“Jinggel Radio Raka, RCA, MS. Tailor, Percetakan Kejambon, Julie Fashion, Trafic Jean, dan sampai iklan tahu milik Nata Jaya, aku yang cipta dan dinyanyikan oleh oleh Bram Moersas” katanya yang dibenarkan oleh Edy Surya.
Bahkan menurut Edy Surya, hampir semua lagu yang diciptakan oleh Rory, tak pernah ditolak. Pasalnya, ciptaan Rory itu berirama manis dan enak didengar. “Kalau masalah sair, seringnya digarap bareng-bareng” papar Edy lebih lanjut.
Rory sendiri mengaku, ia membuat lagu karena memiliki aliran Pop Sweet. Kecenderungan ke irama itu karena disiplin bermusiknya lebih mengarah pada Pop Sweet.
“Pop Sweet itu pada umumnya lebih banyak disukai oleh penggemar. Lagian, lagu-lagu semacam itu punya kecenderungan bertahan lebih lama,” kata Rory yang juga dikampungnya populer dengan sebutan Yanto Taip.
Karya dia banyak juga diusung di album garapan Chosy Pratama. Ia mengaku mengenal Chosy, karena waktu mengembara di Jakarta bersama Bram dan Edy Surya, kerap bertemu Chosy Pratama. Dari perkenalan itu, mereka saling kerjasama untuk membikin lagu.
“Kadang-kadang lagu ciptaan saya, saya jual lepas. Banyak sekali lagu saya atas nama ora lain. Masalahnya, satu; saya butuh duit karena hidup di Jakarta!” kata Rory yang kalau dihitung sudah 200 buah lebih karya cipta lagunya.
Kini, di tengah Walikota Tegal H. Ikmal Jaya punya visi misi Gerbang Emas Bahari, Rory pun sudah menyiapkan dua buah lagu, masing-masing berjudul; ‘Gerbang Mas Bahari’ dan ‘Tegal Saporèté’. Untuk lagu pertama berirama Pos Sweet dan yang kedua semi Mares.
“Rencananya, dua lagu tersebut akan saya ajukan kepada Walikota Ikmal Jaya, biar menjadi ikon Kota Tegal,” pungkasnya (LS)

Tidak ada komentar: