Jumat, 12 Desember 2008

KARYA SASTRA HARUS BERPIHAK


Tambari Gustam

Karya Harus Meniupkan
Nafas Perubahan Sosial


KEBERPIHAKAN seniman Tambari Gustam terhadap rakyat jelatah kini semakin kentara. Terbukti dengan lahirnya sajak-sajak sosial yang dia tulis sarat dengan muatan kritik. Sajak terbarunya berjudul ‘Tulung Nyong Diajari’ membuktikan kalau dia sangat peduli pada kondisi rakyat yang hidupnya pontang-panting oleh kondisi yang tidak menentu. //Tulung nyong diajari, pibèn carané nggawé puisi sing bisa mbèlani rakyat/nggo gemboran éndah rakyaté enyong ora kaliren..//
Oleh Tambari, sajak itu bakal dia usung dalam acara “Perayaan Hari Sastra Tegalan (PHST)”, Minggu (14/12) malam di Rumdin Wakil Walikota Tegal. “Tantangan bagi seniman sekarang adalah bagaimana agar karya dan ekpresinya mereka bisa berpihak pada masyarakat dan mampu menggerakan masyarakat menuju perubahan hidup yang lebih baik,” kata Tambari dengan antusias.
Menurutnya, kondisi kehidupan masyarakat sekarang perlu dibela karena sudah diambang aniaya oleh pukulan demi pukulan kebutuhan hidup yang semakin terpuruk akibat dari keadaan yang compang-camping. Mau tidak mau, para seniman atau penyair tidak sepatutnya hanya sekadar menulis atau membacakan karyanya dengan tanpa keberpihakan pada kondisi masyarakat. Namun bagimana karya itu mampu meniupkan nafas semangat hidup mandiri terhadap masyarakat atau apresiator dalam menyikapi kondisi kehidupan yang sulit itulah, yang dia harapkan.
“Seorang penyair itu mempunyai kewajiban menyuarakan kritik sosial agar puisi mereka mampu mewarnai sebuah perubahan sekaligus menjadi daya dorong bagi para penentu kebijakan. Sekarang bukan jamannya lagi seni hanya untuk seni, tetapi bagaimana seni itu untuk masyarakat. Dalam hal ini membawa kepada kemaslahatan yang baik bagi masyarakat” tandasnya.
Dia juga berharap, ide dan pemikiran para seniman oleh kalangan esekutif dan legislatif, hendaknya jangan dipandang sebelah mata atau momok yang menakutkan. “Seniman jangan dipandang sebelah mata, jangan dianggap mau ngrecoki dan dijadikan momok yang menakutkan,” katanya
Menyinggung kondisi yang terjadi di Tegal, menurutnya sangat kondusif. Kebebasan berekspresi para seniman mendapat respon positif dari para pejabat. Salah satu bukti konkrit adalah hamonisasi kemesraan antara seniman, para pejabat dan anggota DPRD Kota Tegal guyup satu dalam PHST ini. Sebuah langkah yang perlu dibudayakan agar terus tercipta persatuan dan kesatuan.
Tampil dalam acara PHST diantaranya Walikota Tegal Adi Winarso, Wakil Walikota Tegal Maufur, tiga anggota DPRD Kota Tegal yakni Tatang Suandi, Supardi dan Emma Karimah. Selebihnya adalah Nurngudiono, Ki Barep, Hadi Utomo, Tambari Gustam, Dwi Ery Santoso, Hartono Ch Surya, Bramanthi S Riyadi membawakan monolog ‘Waslam’ karya Moch Hadi Utomo, Ratna, Nurhidayat Poso, Bontot Sukandar dan Vera.



1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل