Selasa, 10 Maret 2009

BU WALIKOTA BACA SAJAK TEGALAN


Bu Wali, ‘Cicipi’ Baca Puisi Tegalan

SEBUAH kejutan datang dari istri Walikota Tegal Adi Winarso, Ibu Tatiek. Tak terbayangkan sebelumnya, tiba-tiba dia ingin mencicipi asiknya sebuah perhelatan para wanita pembaca puisi Tegalan yang sudah bersedia tampil Jèd-jèdan Maca Puisi pada acara Peluncuran Antoloji Puisi Tegalan Ngranggèh Katuranggan, Kamis (12/3) malam pukul 19.30 WIB, di Pendapa Ki Gede Sebayu Kota Tegal.
“Siapa takut maca puisi Tegalan? Enyong bisa ngomong Tegal lho mas. Tunggu saja nanti pada malam pelaksanaannya” kata Ny. Adi Winarso yang ditirukan dramawan Yono Daryono saat diutarakan kepada NP di kantornya, Selasa (10/3) siang.
Kepastian Ibu Tatiek Adi Winarso ikut berpartisipasi dalam acara pembacaan dan peluncuran tersebut, diperkuat dengan satu buah puisi Tegalan buah karyanya. Bahkan menurut Yono Daryono, Bu Wali sudah mulai belajar menghafal sajaknya secara intens. Ia bilang, semua itu agar penampilan pertamanya pada even kesenian yang cukup bergengsi itu tidak mengecewakan para hadirin. Ia akan berusaha tampil semaksimal mungkin dengan dialek Tegalannya yang medok.
“Saya kira, Bu Wali akan mampu membawakan puisi Tegalan. Saya yakin, bahkan sangat yakin kalau dia mampu. Karena apa? Dia sudah sepuluh tahun menetap di Tegal, makan dan minum juga di Tegal, tentu akan memberikan kado istimewa bagi kenang-kenangan kita semua,” tegas Yono tanpa bermaksud promosi.
Sebagai istri orang nomor satu di Kota Tegal yang sudah sepuluh tahun bercokol di Tegal, Ibu Tatiek ini sudah bisa menyesuaikan diri dengan kultur yang ada di masyarakat. Semua itu menjadi modal lebih baginya mengenali bahasa Tegal sebagai bahasa yang dipakai dalam keseharian masyarakat Tegal.
Masih lewat juru bicara Yono Daryono, Bu Wali tetap saja merahasiakan tema puisi apa yang akan dibaca. “Tunggu saja apa gebraknya malam pementasan nanti!” katanya.
Tiga wanita para pembaca puisi pada acara itu, selain Ibu Tatiek Adi Winarso, yakni anggota Dewan Kota Tegal Ibu Emma Karimah dan Ibu Rosalina istri dari Walikota Terpilih H. Ikmal Jaya, SE.AK. Acara ini diramaikan juga oleh KMSWT pimpinan Nurngudiono dengan menampilkan tembang-tembang kasmaran Tegalan ciptaan Lanang Setiawan, yang menurut Nurngudiono akan dikemas secara istimewa dan spektakuler untuk kado kenang-kenangan menjelang purna tugas Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Adi Winarso dan Dr. Maufur (*)


Tidak ada komentar: